NAGAFM--
Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari manusia pasti membutuhkan asupan makanan. Makan merupakan proses pemenuhan gizi tubuh agar mendapatkan nutrisi dan tubuh mendapatkan energi. Tetapi sering kali untuk melakukannya kita hanya memiliki waktu yang pendek alhasil makanpun menjadi terburu-buru. Kemudian kita langsung melanjutkan aktifitas seperti seharusnya.


Setelah makan kemudian beraktifitas tentu bisa menyebabkan hal yang tidak baik untuk kesehatan. Apakah saja aktifitas tersebut? Simak lebih lanjut infonya di bawah ini.


  • Merokok

Merokok adalah aktifitas yang dapat menyebabkan ketergantuan, gangguan pada jantung dan paru-paru bahkan menyebabkan kanker. Kegiatan ini tidak baik dilakukan setelah makan. Penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa merokok 1 batang setelah makan sama saja dengan merokok 10 batang. Artinya efek merokok akan meningkat menjadi 10 kali lipat setelah makan.


  • Berolah raga

Meskipun menyehatkan namun kegiatan berolah raga harus dilakukan di waktu yang tepat. Salah satunya jangan melakukannya setelah makan. Karena tidak baik bagi kesehatan sistem pencernaan dan mengakibatkan perut kembung bahkan kram. Tunggulah 15 sampai 30 menit setelah makan baru Anda bisa melakukan olah raga.


  • Mandi

Mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan diri dan dapat membuat aliran darah menjadi lancar. Namun mandi setelah makan sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Ini disebabkan karena darah dalam perut akan berkurang dan sistem pencernaan bisa terganggu. Berkurangnya darah dikarenakan pada saat mandi darah akan cenderung ke bagian tangan dan kaki.


  • Melebarkan ikat pinggang

Setelah makan perut pasti akan merasa kekenyangan, otomatis Anda akan mengendurkan sabuk. Meskipun ini membuat nyaman namun ternyata memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan. Sebab sistem pencernaan bisa terganggu.


  • Meminum teh

Sering kali setelah makan banyak orang yang memilih minuman es teh untuk menyegarkan tenggorokkan. Apakah Anda termasuk yang melakukannya? Hentikanlah kebiasaan ini sekarang juga sebab tidak baik untuk kesehatan. Kandungan asam dalam teh sangat tinggi sehingga protein dalam makanan pun meningkat alhasil tubuh lebih sulit untuk mencernanya.


  • Tidur

Makan sampai kenyang akan mengakibatkan rasa kantuk yang amat sangat. Tentu ini menggoda kita untuk tidur. Namun tidur setelah makan ternyata tidak baik untuk tubuh. Pasalnya perut menjadi kembung dan sistem pencernaan terganggu. Karena dengan tidur maka makanan tidak akan tercerna secara sempurna. Tak hanya itu, kerusakan bisa saja terjadi pada organ pencernaan. Contoh infeksi usus.


  • Makan buah

Buah biasa digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan. Perlu Anda ketahui bahwa ini merupakan cara yang salah. Karena hal tersebut hanya membuat perut kembung. Setelah makan lalu mengonsumsi buah karena perut memiliki sifat memfermentasi setelah makan. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah 1 jam setelah makan.

Demikianlah berbagai hal yang pantang untuk dilakukan seusai makan. Upayakan untuk selalu menghindari hal tersebut agar tubuh anda selalu sehat dan dalam kondisi yang prima.

Posting Komentar

 
Top