Gigi kuning merupakan salah satu masalah penampilan yang kerap dialami banyak orang. Umumnya gigi kuning disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi alkohol, kopi, dan minuman berenergi. Ada banyak orang yang melakukan cara instan dengan menggunakan obat pemutih gigi. Padahal tidak semuanya memiliki kandungan bisa diterima gigi, karena gigi setiap manusia memiliki batas toleransi yang saling berbeda terhadap kandungan zat kimia. Daripada menggunakan obat pemutih yang memiliki efek samping, tentu lebih baik menggunakan bahan alami.


1. Daun Sirih
Rebuslah beberapa lembar daun sirih. Setelah mendidih, diamkan sejenak sampai terasa hangat. Kemudian berkumurlah dengan air sirih, tahan selama 2 menit, lalu ulangi sebanyak 2-3 kali kumur. Untuk tahap akhirnya, gosokkan daun sirih pada gigi.

2. Biji pinang
Kandungan biji pinang dapat menghilangkan noda & plak gigi serta membantu menguatkan gigi. Caranya, bakar biji pinang sampai hangus, lalu tumbuk halus sampai lembut. Gosokkan hasil tumbukan tersebut dengan menggunakan kain katun bersih pada gigi.

3. Kulit jeruk
Ambi kulit jeruk bagian dalam, lalu gosokkan pada gigi. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari secara rutin. Namun untuk gigi sensitif, sebaiknya anda cukup melakukannya 2 kali sehari karena gigi jenis ini sensitive terhadap vitamin C dalam kulit jeruk.

4. Daun salamDalam penggunaannya, anda harus mengkombinasikan kulit jeruk dan daun salam. Keringkan terlebih dahulu daun salam, lalu tumbuk halus. Cincang juga kulit jeruk hingga menjadi bubuk, namun tidak perlu dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian campurkan kedua bubuk ini dengan sedikit air, lalu oleskan pada gigi.

5. Sayuran dan BuahCara memutihkan gigi kuning berikutnya adalah mengkonsumsi sayuran seperti seledri dan wortel, dan buah seperti apel dan stoberi. Dengan mengkonsumsinya sehari-hari, secara berangsur gigi anda akan menjadi putih. Khusus untuk buah stroberi, anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu, kemudian gosokkan secara perlahan pada permukaan gigi.

6. Susu dan yoghurtSebagaimana diketahui, susu dan yoghurt mengandung kalsium yang tinggi. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi susu dan yoghurt secara rutin agar gigi menjadi sehat, kuat, dan putih seperti semula.

7.Baking sodaBahan pengembang kue ini bisa digunakan sebagai bahan pemutih gigi kuning. Anda cukup mengoleskan baking soda secara merata pada gigi, diamkan selama 5 menit, kemudian barulah anda menggosok gigi. Namun anda cukup menggunakan baking soda sebanyak 1-2 kali saja dalam sebulan. Karena terlalu sering menggunakan baking soda bisa merusak lapisan email gigi dan mempengaruhi jaringan saraf kaki gigi.

8. Cuka putih dan sari apel
Kedua bahan ini sangat berkhasiat memutihkan gigi. Akan tetapi, anda tidak boleh menggunakannya terlalu sering karena cuka putih dan sari apel memiliki kandungan yang sangat keras, yang bisa membuat gigi rusak dan keropos. Lebih baik, cara ini digunakan pada kondisi gigi yang berwarna ekstrim.

9. Lemon dan garam

Campurkan perasan lemon dan sedikit garam, lalu oleskan campuran tersebut secara merata pada gigi. Diamkan selama 2-3 menit, lalu gosoklah gigi anda. Namun cara ini hanya boleh dilakukan sesekali saja, karena terlalu banyak garam bisa membuat gigi menjadi rusak.

10. Arang kayu
Cara ini merupakan cara tradisional yang kerap digunakan kakek-nenek kita dulu. Gosokkanlah arang kayu pada gigi secara perlahan dan berhati-hati, karena jika terlalu keras dan cepat, bisa menimbulkan luka pada gusi.

Posting Komentar

 
Top