Semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. buah ini memiliki ciri-ciri paling mudah dikenali salah satunya dengan bentuk dan tekstur kulitnya yang begitu khas. Selain dari kulitnya dagingya buahnya memiliki rasa manis yang khas. Srikaya memiliki nama ilmiah Annona squamosal L.

Buah srikaya sangat baik untuk dikonsumsi, selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh juga dapat digunakan sebagai obta untuk beberapa penyakit tertentu. Namun tidak hanya buahnya saja, keseluruhan dari tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat. Dalam srikaya mengandung zat-zat kimia seperti borneol, camphor, terpene, alkaloid dan lain sebagainya. Sementara bijinya mengandung minyak lemak, resin, dan beberapa zat lain sehingga srikaya ini memiliki efek farmakologis anti radang, obat cacing, astrigen dan tonikum (kulit).

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat yang diperoleh dari srikaya.

  • Pengobatan borok dan bisul
Cuci bersih daun srikaya, lalu giling hingga menjadi bubur. Tambahkan sedikit garam kedlam ramuan. Gunakan ramuan tersebut untuk menurap bagian yang sakit.
  • Mematangkan bisul
Ambil buah srikaya yang telah masak, tambahkan garam. Gunakan ramuan untuk menurap permukaan bisul
  • Pingsan dan menenangkan gangguan histeris
Cuci bersih daun srikaya secukupnya. Remas atau tumbuk halus daun. Hirup bau remasan atau air perasan daun.
  • Obat kutu kepala
Cuci bersih 10 lembar daun srikaya segar dan 1 genggam akar atau 1 buah mentah termasuk biji. Tumbuk hingga halus. Balurkan pada kulit kepala kemudian tutup kepala dengan kain. Setelah 3 jam buka dan cuci dengan air bersih.
  • Cacingan pada anak
Cuci bersih 17 lembar daun. Rebus bahan dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Minum ramuan ini 3 kali sehari dengan takaran yang sama
  • Perut mules
Lumatkan dau srikaya secukupnya, tambahkan dengan minyak kelapa dan tempelkan ke perut sebagai tapel.
  • Luka
Cuci bersih daun srikaya secukupnya dan rebus daun dengan 3 gelas air sampai mendidih dan gunakan untuk mencuci luka.
  • Disentri
Tiga jari kulit batang srikaya, lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Tambah gula merah secukupnya dan minum ramuan ini 2 kali sehari dengan takaran yang sama.
  • Kudis
Cuci bersih 15 lembar daun srikaya. Giling halus dan remas dengan 1 sendok teh air kapur sirih. Gunakan ramuan untuk menggosok kulit yang terkena kudis.

#opinikami[dot]com#

Posting Komentar

 
Top