Penyedia layanan pesan instan WhatsApp akan segera menarik dukungannya di sistem operasi BlackBerry pada akhir 2016 mendatang. Empat sistem operasi lain yang juga akan tidak bisa dipakai WhatsApp-an adalah Nokia S40, Nokia Symbian S60, Windows Phone 7.1, Android 2.1,  dan Android 2.2.

Dalam rilis di blog resminya pada 26 Februari lalu, WhatsApp berasalan pencabutan dukungan itu. Yang paling utama, menurut manajemen WhatsApp karena WhatsApp ingin lebih fokus ke platform mobile yang masih banyak dipakai.

"Sistem operasi tersebut telah menjadi bagian penting sejarah kam. Namun, mereka (lima aplikasi yang dukungannya dicabut--Red.) tidak memiliki kemampuan yang bisa membuat kami berkembang di masa mendatang," tulis manajemen WhatsApp. Pencabutan dukungan tersebut boleh jadi akan menjadi pukulan telak bagi lima sistem operasi tersebut. Maklum, WhatsApp kini sedang naik daun dan digandrungi banyak kalangan. Runyamnya lagi, WhatsApp menambah pengumuman dengan menyarankan kepada pengguna WhatsApp sebaiknya beralih ke peranti Android, iPhone atau Windows Phone terbaru sebelum akhir 2016.

Pengguna OS BlackBerry pada akhir 2015 lalu memang semakin mengecil. Survey comScore MobiLens menyebut pengguna BlackBerry per Desember 2015 lalu tinggal 0,9 persen saja. Di Lampung, banyak setidaknya sejak setahun lalu banyak pengguna BlackBerry mengeluhkan layanan purna jual jika produk tersebut bermasalah. Saya beli BlackBerry baru, tetapi belum setengah tahun sudah sering hang. Tapi saya terpaksa bertahan pakai BlackBerry karena sudah terbiasa kerja menulis dengan perangkat tersebut," kata Saras, 26, warga Enggal, Bandarlampung. *Dewi Ria Angela*






==TERASLAMPUNG(dot)COM==

Posting Komentar

 
Top