NagaFM--
Mengetahui berbagai manfaat singkong  untuk kesehatan. Singkong merupakan tanaman umbi-umbian yang punya beberapa nama yakni ketela pohon, singkong, dan ubi / umbi kayu. Singkong dikenal pula sebagai makanan alternatif untuk sumber karbohidrat selain beras. Daun singkong umumnya dibuat sayuran atau lalapan. Selain bermanfaat sebagai sumber karbohidrat, singkong juga punya kandungan serat yang cukup tinggi.

Pada masa Hindia Belanda, ketela pohon ditanam secara komersial di Indonesia sekitar tahun 1810, yang sebelumnya diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16 ke Negeri ini dari Brasil. Sesudah itu, berbagai makanan olahan dengan bahan dasar singkong mulai hadir, seperti diantaranya; keripik, tape dan juga roti. Nah tahukah Anda bahwa singkong juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita? Mari kita simak apa saja manfaatnya:
Sumber Serat
Singkong juga mampu menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang baik. Hal ini membuat singkong bisa menurunkan resiko penyakit stroke, kanker usus besar, jantung, serta membantu pengendalian diabetes. manfaat singkong ini bisa didapat dengan cara dikukus atau direbus.

1. Sumber Karbohidrat
Singkong punya jumlah kalori 2 kali lipat lebih banyak dibanding kentang. Maka tak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok untuk sumber karbohidrat harian. Dalam 100 gram singkong, terdapat 160 kalori, yang sebagian besarnya terdiri dari zat sukrosa.

2. Protein Tinggi
Singkong memikiki kandungan lebih rendah lemak jika dibanding sereal dan juga kacangkacangan. Tapi, singkong juga punya kandungan protein yang cukup tinggi dibanding kentang dan pisang.

3. Vitamin K
Singkong memiliki kandungan vitamin K yang bermanfaat dalam membangun massa tulang. Vitamin K juga bisa melindungi dan punya peran penting dalam hal pengobatan pasien Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf pada otak.

4. Vitamin B kompleks
Tanaman singkong atau ketela pohon adalah sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, thiamin, folates, piridoksin (vitamin B-6) serta asam pantotenat. Riboflavin berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah untuk mengurangi dan mengatasi anemia.

5. Mineral penting
Ketela pohon atau Singkong merupakan sumber mineral penting untuk tubuh, antara lain magnesium, tembaga, seng, besi, dan mangan. Jumlah kalium pada singkong berfungsi sebagai komponen yang cukup penting dalam pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian dari Affleap, bahwa salah satu manfaat singkong ialah sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan Insoluble Fiber ataupun Serat yang terdapat pada singkong tak larut dalam ir. Serat jenis ini dapat membantu tubuh untuk memperlancar proses buang air besar, dan bisa menyerap serta membuang toksin yang ada dalam usus, sehingga pencernaan kita akan menjadi sehat. Itulah beberapa Khasiat dan Manfaat Ketela Pohon atau Singkong yang bisa kami sampaikan, semoga artikel kecil ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama.

_______________
tanamanobat(dot)net

Posting Komentar

 
Top