Buah yang memiliki nama latin Averrhoa Bilimbi. Buah ini termasuk kedalam jenis belimbing namun jangan sampai anda mengira buah ini juga berbentuk seperti buah belimbing manis yang sering kita jumpai ya dan bentuknya bahkan tidak mirip sama sekali sama belimbing manis. Buah ini memiliki ciri-ciri seperti berikut yakni berbentuk bulat lonjong bersegi dan berwarna hijau, panjangnya kurang lebih antara 4-6 cm, dan buah ini akan berubah warnanya menjadi berwarna hijau kekuningan jika ia sudah tua atau matang, dan memiliki kandungan air nya cukup banyak jika sudah masak atau matang dan rasanya asam. Bentuk bijinya bulat telur, gepeng.

Pada umumnya buah belimbing wuluh ini hanya dimanfaat untuk campuran masak atau untuk diolah menjadi manisan atau makana lainya. dan hanya sedikit pula yang tau kalau buah belimbing wuluh ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak yakni seperti Vitamin A,Vitamin C,Vitamin B1,Mineral, Besi,Kalsium,Kaliun/Potasium, dan juga Fosfor. seperti yang kita ketahui bersama bahwa vitamin-vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. sedangkan dalam farmakologi Cina tanaman ini dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing. Sebenarnya tak hanya itu buah ini juga kita manfaatkan untuk mengobati penyakit seperti:

Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing wuluh:
  • Pengobatan Diabetes
Sementara unutuk anda yang menderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing wuluh, lalu dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah, Saring, minum 2 kali sehari.
  • Pengobatan Darah Tinggi
Caranya cukup mudah dan anda juga bisa membuat sendiri yakni ambil 4 buah belimbing wuluh kemudian potong-potong menjadi bagian kecil dan kemudian rebus dengan 4 gelas air, sambil diaduk dan mendidih cukup lama sampai air tinggal 1 gelas, kemudian angkat dan saring airnya. minum air rebusan tadi setiap pagi sebelum sarap ya.
  •  Panu
Anda harus menyiapkan sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terasa panu. Lakukan 2 kali sehari. Mengatasi sakit gigi berlubang, lima buah belimbing wuluh dimakan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang.
  • Pengobatan Tekanan Darah Tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji sari gading 25gr yang sudah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk halus. Masukan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas sehari. Buah yang besar dan berwarna hijau diparut, ambil air nya dan diminum. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, Minum setelah makan pagi.
  •  Pengobatan Sariawan
 Ambil 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala muda, 10 buah daun sariawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari polasari. kesemua bahan ramuan tersebut tumbuk sampai lumat. Kemudian remas dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Peras lalu saring. Gunakan untuk mengoles luka-luka sariawan. 6-7 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh kita, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa share kemedia sosial ya seperti facebook atau media sosial lainya dan juga ke teman-teman terdekat anda ya agar mereka juga bisa memanfaat kan belimbih wuluh ini untuk kesehatan mereka. terimakasih.


::manfaatkhasiattumbuhanalam(dot)blogspot(dot)com::

Posting Komentar

 
Top