Kolesterol, Saat ini menjadi momok menakutkan di tengah gaya hidup masyarakat yang menerapkan pola makan yang tidak sehat seperti junk food, makanan berlemak dan gula. Jika kolesterol banyak di dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Agar terhindar dari hal ini, mengubah pola makan yang sehat adalah solusinya, selain itu ada juga beberapa makanan lain yang bisa menjaga kolesterol stabil dan jantung menjadi sehat, apa saja itu, berikut buah-buahan yang mampu menurunkan kadar kolesterol:
1. Apel

Buah memiliki serat yang bagus untuk pencernaan, jenis serat larut ini mampu menurunkan kadar kolesterol. Pada apel terkandung polifenol,
sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari perubahan dan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

2. Kacang-kacangan

Buncis, kacang panjang, kacang polong dan kacang merah kaya akan serat larut serta sumber protein, rendah lemak dan nutrisi penting bagi tubuh. Tambahkan kacang-kacangan ini dalam salad Anda atau bisa juga direbus. Selain itu varian kacanga-kacangan ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

3. Almond

Kacang almond ini memiliki kandungan kolesterol rendah dan bagus untuk jantung. Kandungan lemak tak jenuh dan phytosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung. Konsumsi almond tanpa garam dan gula cukup sebesar genggaman tangan, karena kalorinya cukup tinggi.

4. Terong

Terong memiliki kandungan serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sajikan terong dengan cara dipanggang, dikukus atau sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan atau pasta.

Posting Komentar

 
Top