Selamat berkatifitas sedulur Naga, semoga hari ini menyenangka. kali ini Naga FM akan sedikit membahas tentang beberapa fakta unik radio berdasarkan catatan yang dimuat di situs Swaragama[dot]com. Selamat membaca dan semoga bermanfaat..

Siaran terpanjang

Menurut Guinnesworldrecords.com: Wilson Casey, penyiar dari stasiun radio WKDY-AM di Spartanburg, South Carolina, USA, melakukan siaran sepanjang 30 jam tanpa henti dan menanyakan 3.303 pertanyaan trivia on air pada 9-10 Januari 1999.

Penyiar termuda sedunia

Orang termuda yang pernah menjadi penyiar radio adalah Kimberley Perez (lahir 20 Februari 1998) di USA yang memandu acara setiap hari Sabtu pukul 15:00-19:00 di KLAX 97,9 La Raza FM, Los Angeles, California, USA. Saat itu ia berusia 5 tahun.

95 persen penduduk dunia menggunakan radio

Menurut UNESCO, lebih dari 95 persen dari populasi dunia menggunakan radio. Angka yang tinggi dibandingkan sekitar sepertiga dari populasi global memiliki akses ke internet.

Kebanyakan rumah tangga di negara berkembang memiliki radio

Pada 2010, setidaknya 75 persen dari rumah tangga di negara-negara berkembang memiliki akses ke radio, sementara hanya 20,5 persen dari rumah tangga di negara-negara tersebut memiliki akses ke internet. Akibatnya, radio dapat menjangkau masyarakat yang paling terisolasi—yang mencakup banyak populasi penduduk asli Amerika di Amerika Serikat—selain miskin, di mana internet tidak bisa diakses.

Pendengar berita radio kian meningkat di Rusia sejak 2008

Selain radio, semua bentuk media tradisional di Rusia menurun, termasuk di Moskow, yang memiliki pasar media cetak canggih. Para pembaca dewasa surat kabar harian mengalami penurunan rata-rata bulanan sebesar 3,1 persen antara tahun 2006 dan 2010. Pendengar radio, di sisi lain, telah meningkat 4 persen sejak tahun 2008.

Sinyal radio lebih andal

Fitur geografis tertentu mempengaruhi cara negara menerima informasi. Misalnya, di daerah pedesaan di Filipina, di pegunungan susah mendapatkan sinyal TV, tapi tidak komunikasi radio. Radio mencapai 85 persen dari seluruh negeri, sedangkan TV mencapai hanya di bawah 60 persen. Akibatnya, radio dianggap media yang paling dapat diandalkan untuk mendistribusikan berita di pedalaman pedesaan Filipina.

AM/FM masih lebih populer dari streaming online

Orang dewasa Amerika mendengarkan delapan kali lebih radio AM/FM dari radio satelit, dan 17 kali lebih dari audio streaming internet. Ini akan menarik untuk melihat bagaimana angka-angka ini berubah seiring inovasi dalam meningkatkan ruang informasi.

Posting Komentar

 
Top