Naga FM--
Cara budidaya blewah sangatlah mudah dan tidak memerlukan biaya banyak sebab kurang lebih sama dengan cara penanaman semangka. Teknik penanaman blewah dimulai dengan penyiapan lahan tanah yang telah dilubangi. Akan lebih baik jika cara tanam blewah ini tanahnya juga dibajak. Kemudian diberi pupuk kandang. Untuk menjaga kadar kelembaban tanah, dolomit bisa digunakan setelah penaburan pupuk kandang. Kadar kelembaban tanah sebaiknya dijaga untuk mendapatkan kualitas tumbuhan yang baik.

Ada beberapa manfaat dan khasiat buah blewah bagi kesehatan tubuh diantaranya; Meningkatkan kekebalan tubuh, Menyehatkan mata, Menjaga kesehatan gusi, Memelihara kesehatan kulit, Menurunkan kolesterol, Melancarkan pencernaan, Menurunkan tekanan darah, dan mengatasi susah tidur dan mencegah kanker rahim.


Manfaat buah blewah untuk ibu hamil sendiri sangatlah baik sebab Kandungan buah blewah berupa folat yang tinggi membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, kandungan ini penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Blewah ternyata juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah ini adalah gula alami sederhana, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga dapat mengurangi asam urat.

Di bulan Ramadhan blewah merupakan buah yang sangat sering ditemui. Jadi sangat disarankan untuk mencoba mengkonsumsi buah ini sebab selain menyegarkan untuk berbuka puasa, blewah juga bermanfaat bagi kesehatan.

Lebih detail untuk kajian ilmiah buah blelewah sebagai berikut:
Nama ilmiah : Curcumis melo
Iklim ideal untuk tumbuh optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi
Ukuran pot minimal : sedang ( 20 – 30 cm )
Kebutuhan sinar matahari : dibawah naungan atau sinar matahari pagi
Kebutuhan air : sedang ( siram sehari 1x )
Pertumbuhan tanaman : cepat ( tumbuh daun dalam beberapa hari )
Tingkat kesulitan : pemula ( sangat mudah perawatannya )

Salam hangat dari:


Posting Komentar

 
Top