Naga FM--
Hidroponik merupakan salah satu sistem atau cara bercocok tanam yang tidak membutuhkan lahan yang luas. dan yang lebih menguntungkan adalah kita tidak perlu menyirami tanaman tersebut setiap hari. Banyak sekali sayuran dan tanaman yang ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Dan salah satunya adalah sayuran kangkung. Cara menanam kangkung hidroponik sangat mudah dan sudah pasti hasilnya akan lebih baik kualitasnya.

Sebelum membahas tentang cara menanam kangkung hidroponik, terlebih dulu kita bahas mengenai bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk memulai proses menanam kangkung secara hidroponik adalah benih kangkung berkualitas tinggi, rockwool yang sudah dipotong sebesar 2×2 cm. Lalu dilubangi sesuai benih yang akan ditanam, bisa 2 hingga 4 benih dalam 1 rockwool. Saat kangkung sudah berumur 1 hingga 2 minggu maka kangkung sudah siap untuk dipindahkan ke dalam sistem hidroponik. Namun sebelumnya anda harus menyiapkan alat sebagai media tanam hidroponik. Yaitu botol air mineral yang alasnya berbentuk persegi (tabung persegi). Dan gelas plastik bekas sebagai pengganti pot yang telah diberi lubang di bagian samping sebesar 0.5 hingga 1cm.


Cara membuat media tanam kangkung yaitu dengan melubangi bagian samping botol sesuai ukuran diameter gelas plastik karena nantinya gelas plastik ini akan ditempatkan pada lubang air mineral tersebut. Posisi botol nantinya akan horizontal (tidur) dengan lubang yang nantinya akan menghadap ke atas dengan terdapat gelas plastik pada lubang-lubangnya. Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya adalah dengan menyiapkan nutrisi yang akan digunakan untuk menyuburkan benih kangkung yang telah disemai tadi. Nutrisi untuk kangkung yaitu ppm di kisaran 300 hingga 500. Dan selanjutnya makin bertambah hingga 1.000 ppm.

Setelah 1 hingga 2 minggu anda bisa langsung memindahkan pot/gelas plastik pada botol yang sudah diisi larutan air dan nutrisi. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada larutan air dan nutrisi tersebut. Jika kangkung yang anda tanam sudah tumbuh dengan lebat maka itu artinya kangkung anda sudah bisa dipanen. Demikian artikel tentang cara menanam kangkung hidroponik yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Silahkan mencoba!!!

____________________
*)pertanianorganik.net

Posting Komentar

 
Top